Peserta UNP World Ritual Music Festival diundang Makan Malam oleh Gubernur Sumbar

Bentuk sambutan baik dan dukungan dari Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Prof. Dr. Irwan Prayino, pada acara UNP World Ritual Music Festival 2016 yang dilaksanakan oleh Jurusan Seni Drama Tari dan Musik (Sendratasik) Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) dijamu dengan makan malam bersama di Auditorium Gubernur Sumbar. Rabu (31/8). Temu ramah yang juga dihadiri rektor UNP ini juga

Jamuan makan malam tersebut juga hadir Rektor UNP, Prof. Drs. Ganefri, M.Pd., Ph.D., yang mendukung terselenggaranya acara festival musik ritual yang pertama kali di adakan di Indonesia tersebut. Hal itu diterangkan oleh ketua pelaksana, Drs. Wimbrayadi, M.Sn., menjelaskan bahwa di Indonesia belakangan ini sudah mulai jarang melaksanakan festival musik, dan UNP merupakan penyelenggara pertama festival musik ritual tingkat internasional. “Hal ini saya ketahui dari penjelasan kurator musik Irwansyah Harahap”, jelas Bapak Wimbrayadi.

Gubernur Sumatera Barat, Prof. Dr. Irwan Prayitno dalam sambutannya mengucapkan selamat datang di Ranah Minang kepada seluruh peserta baik yang datang dari luar negeri atau yang dari dalam negeri. Lebih hangat lagi Prof. Irwan membacakan berbagai pantun dalam penyampaikan kata sambutannya. Mewakili pemerintah daerah Sumatera Barat sangat bersenang hati sekali dengan UNP mengangkat acara festival musik ritual pertama di Indonesia. Kami sangat mendukung sekali acara ini. Karena selain menghibur tentu dengan festival ini akan memberikan dampak yang baik untuk mendekatkan diri kepada sang pencipta. Dukungan Gubernur Sumbar juga tampak pada salah satu baik pantun yang berisikan bahwa “Festival musik ritual acara yang bagus,  harus dilaksanakan terus menerus”. “Kita apresiasi dan kita dukung acara festival ini agar berjalan suskes dan lancar tahun ini dan bisa dilanjutkan tahun berikutnya” ungkap Prof. Irwan.

Kemudian, Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D., juga mendukung dengan terlaksananya acara festival musik ritual ini. Hal ini tentu sejalan dengan cita-cita universitas menuju world class university atau kampus berkelas dunia. Kemudian ucapan terima kasih kepada Gubernur Sumatera Barat yang sudah menjamu kami dengan peserta dalam rangka menyukseskan UNP World Ritual Music Festival. Harapannya acara ini akan dilaksanakan untuk tahun mendatang dan mendatangkan lebih banyak peserta dari tahun ini. “Hendaknya dengan adanya festival musik ini dapat memberikan manfaat dalam memasyarakatkan musik ritual di tengah-tengah kemajuan zaman saat sekarang ini”, jelas Prof. Ganefri.

Dekan FBS, Prof. Dr. M. Zaim, M.Hum., juga menjelaskan bahwa kegiatan seni pertama yang diadakan oleh fakultas tingkat internasional. Pelaksanaan bulan September juga dikarenakan akan dibukanya acara Dies Natalis UNP pada tanggal 1 September mendatang. Festival ini merupakan serangkaian kegiatan Dies Natalis UNP tahun 2016. “Kami bertekad ketika ini sudah dimulai, tentu berharap kegiatan ini akan berlanjut. Tentu dukungan  dari pemda Sumbar sangat berperan penting demi kelancaran acara ini”, tutup Prof. Zaim. (Jaya Nasa Perta).