Fakultas Bahasa dan Seni

Strive for Excellence

Selamat Datang di Website Resmi Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang

Mahasiswa FBS Targetkan Lolos Proposal PKM untuk Pengiriman Mendatang

Sejalan dengan ungkap tegas Wakil Dekan III Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas negeri padang (UNP), Drs. Esy Maestro, M.Sn., untuk pengiriman proposal Program Kreativitas Mahasasiswa (PKM) mendatang mahasiswa dari FBS harus lebih banyak yang lolos dari tahun kemarin. Untuk mewujudkan target tersebut, kita memulai dengan mengadakan pelatihan penulisan proposal PKM dan nantinya di bulan mendatang dilanjutkan dengan bedah proposal.

Dilaksanakan oleh peserta dari Mahasiswa Bidikmisi tahun masuk 2013 dan 2014 sebanyak 100 orang bermaksud untuk memberikan kematangan terhadap pemahaman PKM bagi mahasiswa yang sudah masuk tahun ke 2 dan 3 di kampus. Selain itu oersiapan tersebut juga bertujuan agar peserta sekarang hendaknya menjadi ketua kelompok yang mengayomi juniornya untuk menjadi anggota tim baik yang solid nantinya. “Kegiatan PKM menjadi tolok ukur bagi Kemenristekdikti untuk sebuah kegiatan kemahasiswaan di perguruan tinggi. Apabila banyak PKM yang lolos maka akan berdampak baik juga dengan akreditasi dan juga mutu sebuah perguruan tinggi” jelas Bapak Esy Maestro.

Menghadirkan 3 orang pemateri yang sudah berpengalaman dalam bidang PKM merupakan sebuah usaha serius yang diambil oleh fakultas dalam mewujudkan target tersebut. Tiga orang pemateri tersebut yaitu Ibu DR. Yuliana, S.P., M.Si., Wakil Dekan III Fakultas Pariwisata dan Perhotelan, dari Yohandri, M.Si., Ph.D., dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), dan Andika Putra, S.T., dari Unit Kegiatan Mahasiswa Pusat Pengembangan Ilmiah Penelitian Mahasiswa (PPIPM) UNP tampil di Ruang Teater Tertutup Mursal Esten FBS, Sabtu (20/8) dan dibuka oleh Wakil Dekan III FBS, Drs. Esy Maestro, M.Sn., pukul 09.30 WIB.

Salah seorang pemateri yang sudah berkecimpung lama di dunia PKM dan sudah sering mendapatkan dana penelitian ratusan juta, Ibu Dr. Yuliasa, S.P., M.Si., menjelaskan pada prinsipnya kegiatan PKM yaitu kegiatan yang cerdas dan inovatif dari bidang ilmu yang ditekuninya masing-masing dengan menghubungkan imajinasi yang inovatif pada masalah-maslaah yang kerap dibicarakan di tengah-tengah masyarakat. Selain itu dengan kegiatan PKM ini akan melatih kemampuan diri dalam kerjasama tim, disiplin, dan tanggungjawab. “Peserta PKM harus melihat sama seperti orang lain, tetapi berpikir dengan cara yang berbeda untuk mengahsilkan sebuah kreativitas”, ungkap Bu Yuliana.

Untuk kegiatan Bedah Proposal PKM mendatang, kapan perlu kita akan mendatangkan pemateri dari tingkat pusat. Kapan perlu reviewer dari menristekdikti datang memberikan trik atau penjelasan PKM yang bisa lolos didanani oleh pemerintah. “Syaratnya mahasiswa yang ikut harus sudah menulis proposal PKM untuk dibedah dan dibahas oleh pemateri yang kita undang”, tegas Wakil Dekan III FBS. (Jaya Nasa Perta).