Fakultas Bahasa dan Seni

Strive for Excellence

Selamat Datang di Website Resmi Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang

Humanus FBS UNP Selenggarakan Anugrah Sastra AA. Navis 2016

Humanus Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Padang (UNP) bekerja sama dengan Program Bahasa dan Kajian Indonesia Deakin University mengadakan Lomba Aksara 2016 dengan perebutan Anugerah Sastra AA. Navis berlangsung meriah dengan penampilan dari Komunitas Kuliek dan Tim Kreatif Sendratasik. Puncak acara dilaksanakan dengan menggelar penyerahan hadiah Anugerah Sastra AA. Navis Lomba Aksara 2016. Terselenggaranya Anugerah AA. Navis juga dikuatkan kerja sama bersama penerbit besar Indonesia yaitu Aangkasa Bandung.

Tampak hadir di Gedung Teater Tertutup Mursal Esten FBS UNP Rektor UNP, Prof. Drs. Ganefri, Ph.D., Dekan FBS UNP, Prof. Dr. M. Zaim, M.Hum., Ketua Program Bahasa dan Kajian Indonesia Deakin University, Prof. Dr. Ismet Fanany besera Dr. Rebeca, keluarga AA. Navis yaitu Istri AA. Navis, Ibu Aksari Yasin, anak AA. Navis Kemala Ranti, Direktur Penerbit Angkasa Bandung, Fakhri Said, Wakil Dekan I, II, dan III, Ketua dan Sekretaris Jurusan, Ketua Prodi, dosen FBS UNP, Sastrawan, Budayawan, Wartawan Sumatera Barat, Selasa (16/8).

Keberadaan kegiatan Anugerah Sastra AA. Navis yang diselenggrakan oleh Humanus FBS UNP bekerjasama dengan Deakin University disambut baik oleh Rektor UNP, Prof. Ganefri dalam sambutannya menyamapaikan bahwa penamaan kegiatan dengan nama Anugerah Sastra AA. Navis ini merupakan bentuk penghargaan dan pengakuan dari kita masyarakat Minangkabau yang bangga dengan lahirnya sastrawan dan budayawan nasional yang terkenal berasal dari Mianangkabau. “Hari ini kita melaksanakan penyerahan anugerah dengan mendatangkan sastrawan, budayawan, dan wartawan Provinsi Sumatera Barat, saya akan mendukung apabila di tahun mendatang, penyerahan di laksanakan di tingkat nasional tentunya dengan mendatangkan sastrawan, budayawan, wartawan, dan tokoh masyarakat nasional”, ungkap tegas Prof. Ganefri.

Sebagai Dekan FBS, Prof. M. Zaim, menyampaikan bahwa pemberian Anugerah AA. Navis ini merupakan bentuk tanggungjawab FBS yang berperan dalam mengembangkan ilmu bahasa, sastra dan seni ke depannya. Hal ini yang menyebabkan akan lahir Ilmuan, Sastrawan, Seniman, dan juga tokoh pendidikan dari FBS. Di faultas inilah mulai bermunculan penulis muda mulai berkarya dan berkiprah mengembangkan sayap karirnya. Atas dasar tersebutlah kegiatan ini terselenggara sebagai wujud kepedulian perkembangan sastra ke depannya. “Terlaksananya acara ini berkat kerja sama dua universitas UNP dengan mitra kerja Deakin University, dan juga songkongan dari Penerbit Angkasa Bandung yang sudah banyak membantu terlaksananya kegiatan ini”, jelas Prof. M. Zaim.

Prof. Dr. Ismet Fanany yang keseharian berdomisili di Negeri Kanguru Australia yang merupakan salah seorang penggagas kegiatan ini bersama Prof. Dr. Hasanuddin WS., M.Hum., menjelaskan bahwa kegiatan penganugerahan sastra yang diambil dari nama sastrawan nasional asal Minangkabau ini terinspirasi pada tokoh Sincair Lewis pemenang Nobel Sastra Amerika pertama kali. Acara ditutup dengan pengumuman dan penyerahan hadiah bagi pemenang yang mendapatkan piagam, uang tunai, dan mendali anugerah.

Pemenang Anugerah penulisan cerpen yaitu pemenang I Lamia Putri Damayanti, pemenang II Syarifah Lestari, pemenang III Sulfiza Ariska dan pemenang anugerah novel yaitu Mardiah Nasution. Masing-masing pemenang akan mendaparan sertifikat, uang tunai, dan mendali penghargaan. Di akhir acara Prof. Ismet Fanany mengumumkan Lomba Aksara 2017 sudah dimulai peneriman naskahnya yang paling lambat diterima tanggal 31 Maret 2017 mendatang, tutup Prof. Ismet Fanany. (Jaya Nasa Perta)