Fakultas Bahasa dan Seni

Strive for Excellence

Selamat Datang di Website Resmi Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang

Pentingnya Halal Bi Halal di Suasana Idul Fitri

Setelah melaksanakan ibadah puasa di Bulan Ramadhan dan merayakan kemenangan dalam sholat Idul Fitri 1437 H/ 2016 M, Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Padang (UNP) menggelar acara Halal Bi Halal untuk civitas akademika FBS UNP. Halal Bi Halal FBS tahun ini mengundang Ustad Dr. Sofyan Hadi, SS., M.Ag., MA., Hum., sebagai pengisi tausyiah agama tentang halal bi halal.

Wakil Dekan I FBS UNP, Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum., dalam hal mewakili Dekan FBS yang berhalangan hadir menyampaikan ucapan selmat hari raya Idul Fitri 1427 H kepada seluruh civitas akademika FBS UNP. Dalam sambutannya, beliuan menyampaikan bahwa dengan momen halal bi halal ini setelah menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan, hendaknya perlu rasa kita bertemu muka saling berjabat tangan untuk saling memaafkan satu sama lain menuju fitrah manusia.

Lebih lanjut Prof. Ermanto juga menyampaikan kabar bahagia di FBS, yaitu adanya penambahan guru besar sebanyak 3 orang dosen, diantaranya Prof. Dr. Ardipal, M.Pd., Prof. Dra. Yenni Rozimella, M.Ed., Ph. D., dan Prof. Dr. Yasnur Asri, M.Pd., “Semoga dengan bertambahnya guru besar di FbS, hendaknya dapat memberikan manfaat yang baik untuk orang banyak dan turut memajukan dunia pendidikan menjadi lebih baik”, harap Prof. Ermanto.

Selain halal bi halal, dilaksanakan juga pelepasan staf pengajar dan administrasi yang akan melaksanakan ibadah haji dan juga yang akan purna tugas di tahun 2016 ini. Yang akan melaksanakan ibadah haji yaitu Prof. Dr. Ardipal, M.Pd., dan yang purna tugas yaitu Ibu Dra. Desmawati Rajab, M.Ed., Ed. D., Bapak Drs. Jamilus, M.Pd., Ph.D., Ny. Bobi Rara, ST., dan Ny. Drs. Sunaryo. Ibu Dra. Desmawati Rajab, M.Ed., Ed. D., salah seorang dosen purna tugas menyampaikan bahwa ucapan terima kasih kepada seluruh civitas akademika FBS yang sudah menjadi rekan kerja yang baik selama ia bertugas. “Setelah ini, selagi tenaga kami dibutuhkan, kami siap untuk kembali mengabdi atau tetap mengabdi di kampus tercinta ini, hanya saja status saja yang berubah sebagai pensiunan, tetapi profesi tetap sebagai seorang dosen” ungkap Ibu Desmawati Rajab.

Ustad Dr. Sofyan Hadi, SS., M.Ag., MA., Hum., dalam penyampaian ceramahnya menjelaskan bahwa Halal Bi Halal secara lengkap berarti melepas penghalang yang menghalangi kita berhubungan dengan allah dan manusia. Penghalang yang dimaksud tersebut adalah dosa, dan cara untuk menghapus penghalang tersebut adalah dengan bertaubat kepada allah dengan selalu beribah kepadanya serta menjalin hubungan baik dengan sesama manusia. “Dengan hal tersebut manusia akan kembali kepada fitrahnya yaitu dekat dengan allah dan dekat dengan manusia dengan beribadah dan saling maaf-memaafkan” jelas Ustad Sofyan Hadi. (Jaya Nasa Perta)