Fakultas Bahasa dan Seni

Strive for Excellence

Selamat Datang di Website Resmi Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang

Jurusan Basindo Gelar Diseminasi Pengayaan Kosakata

Pusat Pengembangan dan Pelindungan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (kemendikbud) kembali mengadakan kerja sama dengan Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UNP yang diwadahi oleh Balai Bahasa Provinsi Sumatera Barat. Kerja sama kali ini dikhususkan dengan Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia (Basindo) dalam diseminasi pengayaan kosakata bahasa Indonesia.  Acara dilaksanakan di Ruang Tetaer Tertutup FBS UNP, Sabtu (12/12).

Acara yang diikuti sekitar 100 orang ini bertujuan untuk memperbanyak kosakata bahasa Indonesia dalam perkembangan zaman saat ini. Tampil Dr. Sugiono sebagai pemateri dalam diseminasi pengayaan kosakata ke masyarakat. Sugiono sebagai kepala pusat Pengembangan dan perlindungan kosakata bahasa Indonesia selalu berupaya dalam penambahan kosakata bahasa Indonesia. Pengayaan kosakata bahasa Indonesia ini dilatarbelakangi oleh minimnya kosakata bahasa Indonesia yang berasal dari bahasa Indonesia sendiri. Hal ini disebabkan bahasa Indonesia yang digunakan sekarang ini banyak diserap dari bahasa asing, dari bahasa Arab dan juga bahasa Inggris. Selanjutnya, pengadaan pengayaan ini juga dikarenakan oleh masih banyaknya benda, keadaan, situasi, istilah dan lainnya yang belum memiliki kata baku pengucapa dan penamaannya.

Pak Sugiono juga berpesan bahwa saat sekarang ini Pusat Pengembangan dan Perlindungan Bahasa Kemendikbud juga sedang menerima kosakata baru untuk dibukukan. Pembukuan tersebut baru memiliki 90.000 kosakata, sedankan target yang diinginkan sebanyak 180.000 kosakata bahasa Indoneisa. Atas dasar tersebut, perlu adanya kerja sama yang baik dengan berbagai pihak untuk mengembankan bahasa Indonesia agar kaya dengan kosakata. “Kami menerima usulan dari kita semua untuk pembakuan kosakata yang kiranya bisa dijadikan bahasa Indoneisa. Silakan dikirim ke Pusat Pengembangan dan Perlindungan Bahasa Kemendikbud untuk diseleksi oleh tim yang sudah kami tunjuk”, jelas Pak Sugiono.

Tampak hadir Wakil Dekan I FBS, Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum., Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Dr. Ngusman Abdul Manaf, M.Hum., Ketua Program Studi (Prodi) Sastra Indonesia, Dr. Novia  Juita, M.Hum., dosen jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia berserta mahasiswa sebagai peserta. Mewakili Dekan FBS, Wakil Dekan I FBS, Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum., mengucapkan selamat datang kepada rombongan dari Pusat Pengembangan dan Perlindungan Bahasa Kemendikbud di Ranah Minang. Mewakil Dekan FBS, kami dar pihak fakultas menyambut baik acara yang diadakan oleh Jurusan Basindo yang bekerja sama dengan Pusat Pengembangan dan Perlindungan Bahasa Kemendikbud yang diwadahi oleh Balai Bahasa Provinsi Sumatera Barat.

Kegiatan kerja sama seperti ini merupakan kali kedua yang dilakukan oleh Pusat Pengembangan dan Perlindungan Bahasa Kemendikbud. Mewakili pihak fakultas, kami berharap kegiatan bermanfaat seperti ini dapat terus dilaksanakan di tahun-tahun mendatang. “Sebagai fakultas yang membidangi ilmu bahasa, untuk ke depannya kerja sama yang baik ini harus tetap dijaga dalam mengembangkan kosakata bahasa Indonesia ke depannya”, tutup Wakil Dekan I. (Jaya Nasa Perta)