Pembukaan LKMM Tingkat Dasar FBS Tahun 2015

Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UNP kembali mengadakan kegiatan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa  (KMM) Tingkat dasar tahun 2015. Kegiatan ini diikuti oleh 130 orang peserta yang terdiri dari perwakilan jurusan masing-masing dan perwakilan organisasi mahasiswa (Ormawa) selingkungan FBS, BPMF, BEMF, HMJ Bahasa dan Sastra Indonesia, HMJ Bahasa dan Sastra Inggris, HMJ Sendratasik, dan HMJ Seni Rupa. Kegiatan dilaksanakan di Kampus INS Kayutanam selama 3 hari dimulai dari Jumat-Minggu, 20-22 November 2015.

Kegiatan LKMM Tingkat Dasar dibuka secara resmi oleh dekan FBS, Prof. Dr. M. Zaim, M.Hum., pukul 20.00 wib di Aula Abdul Latif INS Kayutanam Padang Pariaman, Jumat (20/11). Tampak hadir Wakil Dekan III, Drs. Esy Maestro, M.Sn., Kabag TU, Dra. Afriyeti., Kasubag Kemahasiswaan dan Alumni, Zahardi, S.Sos., Kasubag Keuangan dan Kepegawaian Dodi Yandri, M.Kom., beserta staf administrasi FBS UNP.

Kabag TU, Dra. Afriyeti sebagai ketua pelaksana LKMM Tingkat Dasar tahun 2015 mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian program kerja bidang kemahasiswaan yang bertujuan memberi bekal, wawasan, sikap, dan keterampilan kepada mahasiswa untuk memperdaya organisasi kemahasiswaan dengan baik untuk menjadi lebih aktif dan inovatif. Lebih lanjut Dra. Afriyenti menyampaikan bahwa dalam kegiatan ini peserta menerima 8 materi yang disampaikan oleh pemateri yang ahli dalam bidang yang disampaikan.

Diantaranya, materi tentang “Pengenalan Universitas dan Fakultas Bidang Pengembangan Kemahasiswaan” disampaikan oleh Prof. Dr. M. Zaim, M.Hum., “Peran dan Fungsi Lembaga Kemahasiswaan di Perguruan Tinggi” disampaiakan oleh Drs. Esy Maestro, M.Sn., “Merancang dan Merumuskan Program Kerja” disampaikan oleh Dr. Budiwirman, M.Pd., “Pengorganisasian  Kegiatan Kepanitian” disampaikan oleh Drs. Muzni Ramanto, “Kepemimpinan yang Efektif dan Komunikasi Efektif antar Unit Kerja” disampaikan oleh Prof. Dr. Ermanto, M.Hum., “Administrasi dan Penyusunan Surat Organisasi” disampaikan oleh Dr. Ngusman, M.Hum., “Penyusunan Proposal Kegiatan dan Tolok Ukur Keberhasilan” disampaiakn oleh Dr. Yahya, M.Pd., dan “Administrasi Keuangan Kegiatan Kemahasiswaan” disampaiakn oleh Dody Yandri, M.Kom.

“Terima kasih kepada rekan panitia yang sudah berusaha dengan maksimal sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan berjalan lancar, semoga acara ini dapat bermanfaat bagi peseta untuk menambah wawasan dan keterampilan mahasiswa dalam hal manajemen kemahasiswaan”, ungkapnya.

Dekan FBS UNP, Prof. Dr. M. Zaim, M.Hum., membuka kegiatan LKMM Tingkat Dasar menyampaikan bahwa hakikatnya sebuah pembelajaran tidak hanya dilalui dari pengalaman saja tetapi perlu sebuah manjemen yang baik. Sebuah manajemen mendapat posisi besar dalam keberhasilan sebuah tujuan organisasi atau lembaga, karena manajemen adalah sebuah sistem, dan sistem adalah serangkaian yang saling berkaiatan menjadi tolok ukur keberhasilan sebuah organisasi.

Lebih lanjut Bapak Zaim menyampaikan bahwa kegiatan LKMM ini adalah kegiatan yang harus diikuti oleh aktivis kemahasiswaan yang bersedia menempa dirinya menjadi manusia yang terdidik untuk mengelola mehasiswa lainnya. Kemudian, kegiatan ini adalah langkah awal dalam membenahi kegiatan kemahasiswan untuk lebih baik ke depannya. “Tahun 2025, UNP menuju world class university, untuk itu perlu persiapan-persiapan untuk menju universitas kelas dunia artinya semua manjemen, kegiatan pembelajaran, kegiatan kemahasiswaan, sarana prasarana, dan segala aspek yang mendukung  untuk tujuan tersebut bisa bertaraf internasional”, jelas Dekan FBS.

Kegiatan LKMM Tingkat Dasar dirasakan sekali manfaatnya oleh mahasiswa, peserta mendapatkan ilmu-ilmu untuk mengembangkan potensi dalam dirinya dengan mengasah keterampilan manajemen kemahasiswaan. Hal ini senada yang dituturkan oleh Ketua Badan Eksekutif mahasiswa (BEM) FBS UNP,Indra Gunawan. Indra mengatakan bahwa acara ini sangat bermanfaat sekali bagi mahasiswa, apalagi mahasiswa yang berperan aktif dalam wadah organisasi kemahasiswaan. “Dengan acara ini diharapkan rekan-rekan bisa lebih terampil lagi dalam manajemen mahasiswa dalam kegiatan kemahasiswaan” tutupnya. (Jaya Nasa Perta)