Fakultas Bahasa dan Seni

Strive for Excellence

Selamat Datang di Website Resmi Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang

FBS UNP menjadi Tuan Rumah Acara Forum FBS Indonesia 2015

Forum Fakutas Bahasa dan Seni Indonesia (FBSI) merupakan acara pertemuan Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) perguruan tinggi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) atau eks Institut Keguruan Ilmu Pendidikan (IKIP). Acara forum FBSI tahun 2015 ini dijamu oleh FBS UNP, dilaksanakan pada 27-29 September 2015 di Auditorium Bung Hatta The Hill Hotel Bukittinggi. Menjadi tuan rumah tahun ini ditetapkan pada Forum FBSI tahun 2013 yang dilaksanakan oleh Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang bertepatan di Batu Malang.

Dekan FBS UNP, Prof. Dr. M. Zaim, M.Hum., menyampaikan ungkapan senangnya bisa menjamu peserta Forum FBS Indonesia di tahun 2015 ini di Kota Bukittinggi. Selamat datang di Kota Bukittinggi, kota wisata. Kota Bukittinggi adalah kota yang pernah menjadi ibukota Negara Republik Indonesia, pada masa PDRI. Ketika Yogyakarta jatuh ke tangan Belanda yang waktu itu merupakan Ibu Kota Indonesia, maka ibukota Negara Indoensia dipindahkan ke Bukittinggi.

Lebih lanjut Prof. M. Zaim menjelaskan bahwa forum FBSI tahun 2015 ini diikuti oleh 12 universitas dan 14 fakultas LPTK yang dulunya bernama IKIP, yang diberi perluasan mandat untuk untuk membina bidang studi di luar bidang kependidikan, dengan harapan bidang ilmu tersebut bisa saling menguatkan antara satu dengan lainnya. Dua belas universitas tersebut yaitu UNP, UPI, UNJ, UNY, UNNES, UNESA, UM, UNDIKSA, UNM, UNIMA, UNG, dan UNiMed. “Semoga Bapak/ Ibu bisa menikmati kota bersejarah ini dengan berwisata belanja dan kuliner di sela-sela rentetan acara Forum FBSI”, jelas M. Zaim.

Acara yang berlasngung di Kota Bukittinggi ini dihadiri oleh Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Dikti Bapak Prof. Dr. Intan Ahmad, Koordinator Kopertis Wilayah X Bapak Prof. Ganefri, Ph.D., Rektor Universitas Negeri Padang Bapak Prof. Dr. Phil. Yanuar Kiram, Wakil Rektor IV UNP Dr. Ardipal, M.Pd., Para Dekan, Wakil Dekan, Ketua dan Sekretaris Jurusan/ Departemen, Ketua Prodi anggota Forum FBSI  2015.

Acara yang bertajuk “Penguatan Jati Diri LPTK melalui Peningkatan Kualitas Lulusan untuk Menyongsong MEA” dibuka oleh Rektor UNP, Prof. Dr. Phil. Yanuar Kiram, pukul 13.30 wib. Dalam sambutannya Yanuar Kiram menyampaikan ucapan selamat datang kepada anggota forum di Sumatera Barat tepatnya di Kota Bukittinggi. Mewakil pihak universitas, saya sangat mendukung sekali acara yang laksanakan oleh FBS UNP. Kami sangat senang ketika ditunjuk sebagai tuan rumah untuk tahun 2015 ini, karena selain sebagai momen pertemuan keakraban acara ini sangat bermanfaat sekali dalam peningkatan mutu dan kualitas pendidikan di perguruan tinggi nantinya.

Kami dari pihak kampus, juga sudah melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di UNP. Termasuk dengan memberikan apresiasi yang tinggi kepada mahasiswa dan dosen, seperti kami akan memberikan uang 15 juta bagi dosen yang tulisannya mampu menembus jurnal internasional, dan juga menyiapkan dana sebesar 10 milyar dialokasikan beasiswa untuk dosen melanjutkan pendidikan ke jenjang S3.

“Semoga hal-hal yang tampak sederhana ini bisa menjadi motivasi bagi staf pengajar dan mahasiswa dalam meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di UNP. Dan semoga dengan adanya acara ini kerjasama dan hubungan baik antar Perguruan Tinggi (PT) dapat terus ditingkatkan lagi ke depannya,” tutur Yanuar Kiram, Minggu (27/9).

Hal senada juga dipaparkan oleh Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Dikti Bapak Prof. Dr. Intan Ahmad,. Kampus yang pada berjati diri menyiapkan tenaga kependidikan yang professional harus mampu menghasilkan tenaga kependidikan yang bermutu dan memiliki daya saing yang tinggi. Hal ini sesuai dengan tuntutan zaman yang semakin maju apalagi menyongsong MEA mendatang. “Untuk menyongsong MEA 2015 masing-masing perguruan tinggi harus meningkatkan kualitas pendidikan di PT, menjadi PT yang selalu berinovasi, sehingga menjadi PT yang unggul,” tutupnya. (Jaya Nasa Perta)