Fakultas Bahasa dan Seni

Strive for Excellence

Selamat Datang di Website Resmi Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang

Pembekalan Kewirausahaan: Siap Sukses Terjun Ke Dunia Kerja

Pembekalan Kewirausahaan Fakultas Bahasa dan Seni (FBS)  Universitas Negeri Padang (UNP) merupakan kegiatan rutinitas yang diadakan sebelum calon wisudawan/i melaksanakan upacara penyerahan ijazah. Kegiatan ini yang diikuti oleh 425 calon wisudawan/i FBS UNP dilaksanakan di Ruang Teater Tertutup FBS UNP, Kamis (10/9).

Sambutan Wakil Dekan I, Prof. Dr. Ermanto, M.Hum., sekaligus membuka kegiatan ini mengatakan bahwa Pembekalan Kewirausahaan berguna bagi wisudawan/i sebagai inspirasi untuk dunia kerja, supaya tidak terjadinya ketakutan dan kegalauan setelah wisuda nanti. “Saya juga mengharapkan kepada pemateri nanti, agar lebih banyak memberi motivasi-motivasi besar kepada wisudawa/i untuk meningkatkan daya saing dalam memperebutkan peluang kerja yang makin hari semakin sempit”, tutur Wakil Dekan I.

Pemateri kali ini yaitu Uswati, alumni Jurusan Sendratasik, sekarang sebagai supervisor disalah satu perusahaan kecantikan Martha Tilaar. Dalam paparannya, Uswati mengatakan wisudawan/i tidak hanya harus menjadi PNS saja, meskipun ia adalah seorang tenaga pendidik. Setelah wisuda nanti wisudawan/i harus mempersiapkan diri dan mental sebelum terjun untuk melamar sebuah pekerjaan. “Untuk itu, mulailah berpikir menciptakan hal baru dan perlu diingat jangan pernah menunggu waktu yang tepat, mulailah dengan apa yang kita pikirkan itu, maka itulah yang dituangkan”, ungkapnya.

Salah seorang wisudawan Aatdiaat Makruf Sabir H, Sastra Indonesia/2011 juga sependapat dengan pemateri. Ia lebih memilih membuka usaha sendiri. “Membuka lapangan kerja baru, berarti akan menambah pengalaman baru pula, dengan demikian, kita bisa mengatur pekerjaan kita sendiri agar lebih baik”, tutupnya. (Auliya syafitri)