Fakultas Bahasa dan Seni

Strive for Excellence

Selamat Datang di Website Resmi Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang

Pelatihan Kedisiplinan Krida Maba FBS

Dari Melatih disiplin mahasiswa baru (maba) 2015 Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UNP dengan pelatihan baris berbaris yang dipandu langsung  oleh Resimen Mahasiswa (menwa) UNP, itulah yang dilakukan oleh pihak fakultas. Pelatihan baris-berbaris ini dilaksanakan di lapangan parkir dan Medan nan Balinduang FBS, Minggu (6/9). Pelatihan baris-berbaris untuk maba ini merupakan bentuk usaha yang dilakukan fakultas dalam mewujudkan terbentuknya sikap dan kepribadian Hal ini sesuai dengan sasaran dalam kegiatan krida yaitu suatu kegiatan ekstrakurikuler untuk melengkapi kegiatan kurikuler guna membentuk sikap dan kepribadian mahasiswa dengan melaksanakan program penalaran ilmiah, bakat, minat dan kemampuan, kesejahteraan mahasiswa, kepedulian sosial, serta organisasi kemahasiswaan. Dimulai pukul 07.15 wib, kegiatan yang merupakan pembinaan kedispilinan ini akan dilaksanakan setiap pagi pertemuan krida di FBS.

Wakil Dekan III FBS, Drs. Esy Maestro, M.Sn., mengatakan bahwa kegiatan minat, bakat, pembinaan kedisiplinan, serta penalaran ilmiah harus kita masukkan dalam kegiatan krida mahasiswa baru. Salah satunya untuk pembinaan sikap disiplin yaitu pelatihan baris-berbaris, hal ini dilator belakangi bahwa dengan baris berbaris tersebut banyak hal pembelajaran kedisiplinan yang bisa didapatkan.

Lebih lanjut Wakil Dekan III FBS menjelaskan dimasuknya kegiatan-kegiatan tersebut bertujuan agar sasaran dari krida tersebut bisa tercapai, yaitu membentuk sikap dan kepribadian mahasiswa menjadi lebih baik. “Untuk itu selain pembinaan terhadap mahasiswa baru, kegiatan krida ini juga merupakan kesempatan bagi mahasiswa senior yang bertindak sebagai panitia untuk memberikan atau membagi ilmu dan juga keahlian dengan menciptakan kegiatan-kegiatan kreatif untuk mahasiswa serta bagaimana memenejemen sebuah acara atau kegiatan” ujar Esy Maestro.

Manfaat kegiatan pelatihan baris-berbaris ini juga dirasakan manfaatnya oleh salah seorang peserta krida yaitu Sri Ramadona Azwar. Menurutnya ia sangat merasakan sekali manfaat kegiatan pelatihan baris-berbaris tadi, banyak hal yang bentuk kedisiplinan yang diajarkan di dalamnya. Apalagi kegiatan baris-berbaris tersebut dulu juga didapatkan di waktu SMA, “Untuk itu agar tidak hilang dan lupa, sangat perlu juga kegiatan ini untuk mahasiswa baru”, tutupnya.  (Jaya Nasa Perta)