Jurusan Sendratasik: Sukses Gelar Seni Pertunjukan

Jurusan Sendratasik

Sukses Gelar Seni Pertunjukan

Mahasiswa jurusan Sendratasik prodi musik FBS UNP menggelar seni pertunjukan musik. Acara digelar di gedung Teater Tertutup pada Senin, (15/12). Kegiatan berlangsung dari pukul 15.00 hingga 17.00 WIB.  Pertunjukan seni musik tersebut merupakan ujian akhir dari mata kuliah Komposisi  Musik yang diampu oleh Erfan Lubis, S.Pd., M.Pd.

Kegiatan ini dihadiri juga oleh Pembantu Rektor IV, Dr. Ardipal, M.Pd., Pembantu Dekan III Drs. Esy Maestro, M.Sn., Ketua Jurusan Sendratasik Syailendra, S.Kar., M.Hum. dan dosen Sendratasik.

Dalam sambutannya, PR IV menuturkan seni pertunjukan yang disajikan mahasiswa Sendratasik telah menunjukkan  sebuah garapan yang serius.  Meskipun terdapat beberapa kesalahan, akan tetapi semua itu merupakan proses pembelajaran untuk menuju pertunjukan yang professional. “Tidak ada karya yang paling baik dan paling buruk, semua karya yang disajikan menghibur penonton,” tutur Ardipal.

Senada dengan Ardipal, Yos Sudarman selaku dosen Sendratasik mengapresiasi pertunjukan seni musik. Menurutnya, komposisi yang baik bukan berarti memainkan alat musik secara berlebihan, namun bagaimana garapan tersebut mampu menyentuh penonton. “Jika anda mampu menyentuh hati penonton, maka dipastikan anda sukses dalam berkarya,” tutup Yos.

Sebanyak enam  karya ditampilkan dalam pertunjukan. Karya pertama berjudul “Move On” yang menceritakan tentang gugahan perasaan seseorang yang ingin melupakan kenangan tentang cintanya yang telah berakhir. Karya selanjutnya berjudul “Unconsistance” yang bercerita tentang kehidupan seseorang yang dipenuhi ketidakkonsistenan. Selanjutnya, sebuah pertunjukan musik dengan judul “Revolution of Japanese” yang mengisahkan kehidupan Negara Jepang yang bangkit dari keterpurukan saat dihempas bom atom. Roda Rasa merupakan sebuah karya yang menceritakan kehidupan seseorang yang selalu berputar. Penampilan terakir berjudul sesanti, diangkat dari perasaan seorang gadis sebelum pernikaan, saat pernikahan dan setelah menikah. Tiara