Fakultas Bahasa dan Seni

Strive for Excellence

Selamat Datang di Website Resmi Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang

FBS UNP Gelar Kuliah Umum Metode Penelitian

Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UNP menggelar kuliah umum ‘Metode Penelitian’ di Teater Tertutup, Jumat (12/12). Acara ini ditujukan kepada mahasiswa S1, S2, dan dosen selingkungan FBS UNP. Pemateri dalam acara tersebut adalah Prof. Dr. Ranbir  Singh Malik yang berasal dari Edith Cowan University Australia.

Dekan FBS, Prof. Dr. M. Zaim, M.Hum. dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini merupakan program lanjutan dari kuliah umum bersama Taufik Ismail yang telah dilaksanakan pada Agustus lalu. “Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan mahasiswa tentang metode penelitian ilmiah. Saya harap, input dari kegiatan ini akan menghasilkan penelitian-penelitian yang bermutu,” tutur M. Zaim.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Prof. Dr. Ranbir  Singh Malik dan dipandu oleh Havid Ardi, S.Pd., M.Hum. selaku moderator sekaligus penerjemah. Dalam  materinya, Prof. Dr. Ranbir Singh Malik menyampaikan mengenai metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Pemateri menuturkan, sebenarnya metode penelitian kualitatif dan kuantitatif dapat diintegrasikan dan dikolaborasikan dalam penelitian. “Tidak ada pengkotak-kotakan dalam meneliti suatu kajian. Tapi kita harus mengeksplorasi masing-masing kajian,”

Ega Satria Nasrul, salah seorang peserta menuturkan kuliah umum yang diadakan oleh FBS UNP sangat berguna bagi mahasiswa terutama yang tengah mengadakan penelitian. “Selaku mahasiswa terutama yang sedang menyelesaikan tugas akhir, materi yang disampaikan oleh pemateri sangat membantu pemahaman kami, saya arap kegiatan ini rutin diadakan,” tutup Ega Satria. Tiara