FBS Gelar Kegiatan LKMM di Kampus INS Kayu Tanam

Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) gelar kegiatan Latihan Keterampilan Menajemen Mahasiswa (LKMM) di Kampus INS Kayu Tanam, 28-30 November 2014 yang lalu. Peserta LKMM adalah mahasiswa bidik misi tahun masuk 2011-2014 dan mahasiswa perwakilan masing-masing organisasi mahasiswa (ormawa) selingkungan FBS.

Acara tersebut diadakan selama tiga hari. Hari pertama dilangsungkan pembukaan pada pukul 20.00 WIB oleh Dekan FBS yaitu Prof. Dr. M. Zaim, M.Hum. Kemudian, dilanjutkan dengan presentasi oleh M. Zaim dengan judul materi, “Pengenalan Universitas dan Fakultas Bidang Pengembangan Kemahasiswaan”.

Zaim dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan LKMM ini merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan guna melatih mahasiswa untuk dapat berorganisasi dengan baik. Selain itu, dalam presentasinya ia juga menambahkan bahwa sebagai mahasiswa alangkah baiknya jika aktif berorganisasi, sehingga tidak terfokus ke dalam kegiatan akademik saja.

Hari kedua, kegiatan difokuskan untuk pemberian materi. Ada enam materi yang disampaikan pada hari itu. Keenam materi tersebut yaitu, “Peran dan Fungsi Lembaga Kemahasiswaan di Perguruan Tinggi” oleh Drs. Esy Maestro, M.Sn. (Pembantu Dekan III), “Kepemimpinan yang Efektif dan Komunikasi Efektif antar Unit Kerja” oleh Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum. (Pembantu Dekan I), “Merancang dan Merumuskan Program Kerja” oleh Prof. Dr. Syahrul R, M.Pd. (Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia), “Pengorganisasian Kegiatan/Kepanitiaan” oleh Drs. Muzni Ramanto, “Administrasi dan Penyusunan Surat Organisasi” oleh Dr. Ngusman Abdul Manaf, M.Hum. (Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah), “Penyusunan Proposal Kegiatan dan Tolak Ukur Keberhasilan” oleh Dr. Yahya, M.Pd (Ketua Jurusan Seni Rupa), dan “Administrasi Keuangan” oleh Dr. Ramalis Hakim, M.Pd (Pembantu Dekan II).

Hari ketiga, kegiatan hanya dilaksanakan setengah hari. Setelah semua peserta sarapan, mereka dikumpulkan di lapangan sepak bola yang tidak jauh dari kampus INS Kayu Tanam. Kemudian, semua peserta mengikuti kegiatan outbone sampai siang hari. Setelah shalat zuhur semua peserta bersiap-siap untuk kembali ke Padang.

Rina Sartika salah seorang mahasiswa bidik misi yang menjadi peserta mengatakan bahwa acara LKMM ini sangat bagus untuk membentuk karakter mahasiswa agar aktif dalam berorganisasi. Selain itu, ia juga mengatakan bahwa semua peserta sangat antusias dan bersemangat mengikuti acara, terutama mengikuti outbone pada hari ketiga. Menurutnya, rangakaian kegiatan dari hari pertama sampai hari ketiga tersusun secara sistematis sehingga membuat peserta disiplin mengikuti acara. Ia juga berharap semoga kedepnnya acara ini tetap dilaksanakan sehingga mahasiswa juga dapat andil mengharumkan nama fakultas dengan melakukan kegiatan-kegiatan ketika aktif di lembaga organisasi kampus. (Nofrahadi)