Fakultas Bahasa dan Seni

Strive for Excellence

Selamat Datang di Website Resmi Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang

Sendratasik Gelar Seni Pertunjukan Tradisional

Jurusan Seni Drama Tari dan Musik (Sendratasik) FBS UNP, menggelar seni pertunjukan, Rabu, (3/12). Acara yang bertajuk “Pelangi Budaya Minangkabau” tersebut dihelat di Medan nan Balinduang FBS UNP.  Acara dihadiri oleh Pembantu Dekan (PD) III, ketua jurusan, staf pengajar Sendratasik, seniman-seniman Sumatera Barat, dan mahasiswa.

Ketua Jurusan Sendratasik, Syailendra, S.Kar., M.Hum. menyatakan tujuan penyelenggaraan seni dan musik tradisional merupakan langkah untuk meningkatkan apresiasi seluruh mahasiswa khususnya mahasiswa sendratasik. “Kegiatan ini merupakan agenda dari mata kuliah Management Seni  Pertunjukan I dan II,” Jelas Syailendra.

Senada dengan Syailendra, PD III FBS UNP Drs. Essy Maestro, M.Sn. menyatakan atas nama pimpinan fakultas sangat mendukung kegiatan pertunjukan seni tradisional. “Jurusan Sendratasik selalu memberikan pertunjukan-pertunjukan seni yang luar biasa untuk dapat kita nikmati bersama dan berusaha bergabung dengan seniman-seniman tradisi dan modern.”

Acara yang diusung oleh mahasiswa Sendratasik TM 2012 ini menampilkan musik dan tarian tradisional Minangkabau, di antaranya kesenian Katumbak dari pariaman; kesenian Talempong Unggan dari Unggan; Kesenian Tari Tangan dari Sijunjung’ kesenian Gadang Aguang dari Kapua IX; Kesenian Pancaragam dari Padang; Gandang Tambua dari Pariaman dan ladies percussion.

Salah seorang mahasiswa yang turut menyaksikan seni pertunjukan, Aidil Putra menyatakan sangat terhibur dengan acara yang digelar mahasiswa Sendratasik tersebut. Menurut Mahasiswa DKV UNP ini, seni pertunjukan yang diadakan oleh seniman cenderung menampilkan seni modern, akan tetapi mahasiswa Sendratasik menggelar pertunjukan musik tradisional secara baik. “Pertunjukan ini dapat menjadi pembelajaran bagi kita. Mari kita galakkan kembali untuk mencintai kesenian tradisional,” tutup Aidil Putra. Tiara