Peringati Hari Pahlawan Jurusan Sendratasik Gelar Pertunjukan Perkusi Tingkat Nasional

Jurusan Seni Drama Tari dan Musik (Sendratasik) Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Padang (UNP) menggelar pertunjukan alat musik perkusi dengan tema “Cross Culture Percussion West Sumatera”, pada Senin malam 10 November 2014. Pertunjukan tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Pahlawan. Acara pertunjukan itu dibuka oleh Pembantu Rektor IV Dr. Ardipal, M.Pd. dan dihadiri oleh Prof. Dr. M. Zaim, M.Hum. (Dekan), Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum. (Pembantu Dekan I), Drs. Esy Mayestro, M.Sn. (Pembantu Dekan III), dan beberapa dosen selingkungan FBS serta beberapa dosen pembimbing dari Universitas Negeri Medan (UNIMED) dan Universitas Sumatera Utara (USU).

Sesuai dengan tema, acara tersebut menampilkan berbagai pertunjukan lintas budaya Sumatera. Group perkusi yang tampil tidak hanya berasal dari UNP saja, melainkan dari berbagai provinsi di Sumatera. Ada tujuh Group perkusi yang tampil malam itu yaitu Gordang Hawa (UNIMED), Mpac Bengcoeleen Percussion (Bengkulu), Gareteh (Padang), Sembilu Art (Pekanbaru), Komunal Primitif (Etnomusikologi USU), Kelompok Kreatif UNP, dan Darak Badarak (Pariaman).

Ardipal dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Jurusan Sendratasik yang telah mengangkatkan acara pertunjukan tersebut. Apalagi acara itu digelar dalam rangka memperingati Hari Pahlawan. Selain itu, ia juga menyampaikan harapannya agar jurusan lain dapat menggelar acara-acara serupa ataupun acara lain yang berstandar Nasional dalam rangka mencapai kampus UNP dengan akreditasi yang lebih baik.

Selain itu, Dekan FBS M. Zaim mengatakan bahwa acara pertunjukan alat musik perkusi lintas budaya sumatera itu dapat membangkitkan kembali semangat patriotisme generasi muda. Ia juga menambahkan harapannya kepada semua jurusan dan Organisasi Mahasiswa (Ormawa) agar kedepannya dapat mengangkatkan sebuah acara untuk memperingati hari-hari bersejarah bangsa Indonesia. (Nofrahadi)