Fakultas Bahasa dan Seni

Strive for Excellence

Selamat Datang di Website Resmi Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang

Pertunjukan Randai Hari Bela Negara

Jum’at (24/10), Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Padang bertempat di Medan Nan Balinduang mengadakan pertunjukan yang bertajuk Randai Hari Bela Negara. Acara tersebut diangkatkan oleh Ismet Fanany selaku penulis naskah Randai Hari Bela Negara beserta dosen dan mahasiswa Jurusan Sendratasik dan Bahasa Indonesia. Acara yang dimulai pukul 20.00 WIB itu dihadiri oleh Dr. Ardipal, M.Pd. (Pembantu Rektor IV), Prof. Dr. M. Zaim, M.Hum. (Dekan), Drs. Esy Mayestro, M.Sn. (Pembantu Dekan III), Ismet Fanany, Mayor Inf. Arief Hidayat (perwakilan dari Korem 032), Drs. Wimbrayardi, M.Sn., Novrizal, M.Pd. dan beberapa orang dosen selingkungan FBS lainnya.

Dalam sambutannya, Ardipal menyampaikan apresiasinya terhadap pertunjukan yang langka tersebut. Menurutnya, pertunjukan yang merupakan kombinasi randai dan teater itu adalah sebuah kreativitas yang perlu dikembangkan, apalagi mengangkat cerita sejarah Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI) di Bukuttinggi.

Pertunjukan Naskah Randai Hari Bela Negara yang ditulis oleh Ismet Fanay tersebut disutradarai oleh Novrizal. Sedangkan, untuk koordinator randai dan musik yaitu Wimbrayardi. Mereka berdua merupakan dosen Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah dan Jurusan Seni Drama Tari dan Musik yang sering melakukan pertunjukan sejenis lainnya, baik di FBS maupun di berbagai kampus di Sumatera Barat.

Ismet Fanany merupakan dosen Deakin University Autsralia. Ia sudah sering melakukan kerjasama dengan FBS untuk melaksanakan berbagai acara, termasuk pertunjukan malam itu. Pertunjukan tersebut nantinya juga akan ditampilkan di kampus Dekain University Australia. Ismet mengaku pertunjukan malam itu merupakan peluncuran untuk menyambut hari Bela Negara tanggal 19 Desember 2014. Selain itu, Ismet merencanakan melakukan pertunjukan yang sama di Jakarta, tapi tempatnya belum pasti karena masih dalam pencarian.

Jaya salah seorang pemain dalam pertunjukan tersebut mengatakan bahwa dia sangat bangga menjadi salah seorang pemain. Ia juga manambahkan harapannya semoga ia dan pemain lainnya dapat menampilkan pertunjukan tersebut di Istana Presiden nantinya di bulan Desember. Harapan itu mungkin saja menjadi kenyataan karena Ismet sedang mengusahakan hal itu terwujud. (Nofrahadi)