Fakultas Bahasa dan Seni

Strive for Excellence

Selamat Datang di Website Resmi Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang

FBS UNP Gelar Workshop Film Making

Sukses dengan pelatihan jurnalistik, FBS UNP kembali menggelar pelatihan program kreatif mahasiswa melalui multimedia (workshop filmmaking) bagi mahasiswa bidikmisi FBS UNP. Kegiatan tersebut digelar di ruang teater tertutup FBS UNP  pada Sabtu, (25/10) dan diikuti oleh 148 mahasiswa bidikmisi.

Menurut Drs. Esy Maestro, M.Sn. program kreatif mahasiswa ini merupakan upaya FBS UNP dalam meningkatkan kreativitas mahasiswa bidikmisi baik secara akademik maupun nonakademik, “Kami yakin acara ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa semua dalam meningkatkan skill dan softskill,” tutur Esy Maestro.

Acara dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Devy Kurnia Alamsyah, S.S., M.Hum. Pemberian materi di awali dengan pemutaran dua film pendek. “Saya menampilkan dua film yaitu film yang pertama kali saya buat, dan kedua film yang terakhir saya buat,” tutur pemateri yang juga merupakan dosen di jurusan Bahasa dan Sastra Inggris. FBS UNP

Setelah penayangan film pendek, Devy Kurnia Alamsyah menjelaskan materi mengenai tahap pembuatan sebuah film, yaitu praproduksi, masa produksi, dan pascaproduksi. Acara dilanjutkan dengan pembentukan tim pembuat film. Uniknya, pembuatan film tersebut tidak menggunakan peralatan yang canggih dan biaya yang mahal. Peserta di ajak sekreatif mungkin dalam pembuatan film dengan menggunakan kamera hand phone. 

"Hadirnya workshop ini diharapkan dapat memberi tahu kepada peserta, bahwa independent filmmaking walaupun dengan crew kecil dan peralatan sesederhana mungkin, dapat menghasilkan karya yang berkualitas tinggi jika dilakukan secara professional,” terang Devy Kurnia Alamsyah.

“Menurut saya, acara ini sangat menarik. Dengan peralatan sederhana kami bisa membuat film pendek. Awalnya saya ragu, akan tetapi kami dibimbing dengan sabar oleh pemateri dan timnya” ujar Sri Ramdhani, salah satu  peserta. Tiara