Fakultas Bahasa dan Seni

Strive for Excellence

Selamat Datang di Website Resmi Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang

Lima Dosen FBS UNP jadi Pemakalah di Semirata Serang

Lima dosen Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Padang (UNP) menjadi pemakalah dalam Seminar dan Rapar Tahunan (SEMIRATA) bidang bahasa, sastra, seni dan budaya. Lima dosen FBS UNP tersebut, diantaranya Prof. Dr. Ermanto, S. Pd., M. Hum., Prof. Dr. Hasanuddin, M. Hum., Dr. Ngusman Abdul Manaf, M. Hum., Prof. Dr. Jufrizal, M. Hum. dan Dr. Zul Amri, M. Ed.

Semirata kali ini diadakan di FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang pada 16-18 September lalu dengan tema “Melestarikan Budaya Nasional Melalui Implementasi dan Pengembangan Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya Lokal”.

Prof. Dr. Ermanto, M. Hum. dalam makalahnya yang berjudul “Bentuk Lingual Pengungkapan Emosi Marah Etnis Minangkabau di Kota Padang”, menjelaskan bahwa ekspresi marah yang digunakan oleh masyarakat Minangkabau di Kota Padang terhadap mitra tuturnya menggunakan bentuk-bentuk lingual dari nomina, verba, adjektiva, pronominal, dan kata-kata arkais.

Makalah yang disajikan oleh Prof. Dr. Hasanuddin, M. Hum berjudul “Kerarifan Lokal dalam Tradisi Lisan Kepercayaan Rakyat Ungkapan Larangan Tentang Kehamilan, Masa Bayi, dan Kanak-kanak Masyarakat Minangkabau Wilayah Adat Luhak nan Tigo”. Pembahasan dalam makalah tersebut Hasanuddin WS menjelaskan kepercayaan lisan ungkapan larangan haruslah ditempatkan pada suatu kerangka bahwa persoalannya bukanlah apakah hal itu dapat dibuktikan atau tidak, benar atau salah, melainkan pada bagaimanakah nilai-nilai yang terkandung  teks ungkapan larangan berfingsi secara social di dalam masyarakatnya.

Pemakalah selanjutnya adalah Dr. Zul Amri, M. Ed. dengan judul “Pelaksanaan Pelatihan Bahasa Inggris Bagi Guru Non-bahasa Inggris Eks SMA RSBI Kota Padang”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya persyaratan dalam buku panduan pelaksanaan Rintisan SMA Bertaraf Internasional yang mengharuskan guru mampu mengajar menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dengan nilai TOEFL minimal 500. Walaupun secara nasional pemerintah telah membatalkan peraturan tentang sekolh internasional, semua eks sekolah RSBI masih tetap menjalankan program kegiatan yang mendukung program RSBI.

Selanjutnya, makalah dari Prof. Dr. Jufrizal, M. Hum. dengan judul “Polite Clause Construction in Minangkabaunese: How Should They be  Pedagogically Taught to Build Students Character”. Dalam makalahnya Jufrizal menjelaskan dalam bahasa Minangkabau, selain terdapat klausa aktif dan klausa pasif terdapat klausa lain yang dapat dikelompokkan menjadi klausa ergatif. Dalam hasil analisis data dan penelaahan secara linguistik kebudayaan menunjukkan konstruksi pasif dan ergative  bahasa Minangkabau memuat nilai bahasa santundan perlu diperkenalkan serta diajarkan secara akademis-pedagogis dalam membentuk karakter siswa terpuji.

Terakhir, makalah yang disajikan oleh Dr. Ngusman Abdul Manaf, M. Hum. dengan judul “Pembelajaran Bahasa Indonesia Berdasarkan Kurikulum 2013: Prinsip, Problem, Solusi”. Ngusman Abdul Manaf dalam  makalahnya membahas upaya penyiapan guru bahasa Indonesia untuk pelaksanaan kurikulum di SMP, SMA, dan SMK dengan memfokuskan uraian pada tiga hal, diantaranya (1) kedudukan bahasa Indonesia, (2) pendekatan pembelajaran bahasa Indonesia, (3) orientasi pembelajaran bahasa Indonesia.

Selain penyajian makalah, kegiatan ini diawali dengan penampilan seni dan budaya  Indonesia bagian barat. Tiara Bella