Fakultas Bahasa dan Seni

Strive for Excellence

Selamat Datang di Website Resmi Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang

FBS UNP Sukses Gelar ISLA-3

Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Padang (UNP) kembali menggelar acara International Seminar Language and Art (ISLA) yang ke-3. Acara digelar di Pangeran Beach Hotel selama dua hari, Jum’at-Sabtu (17-18/10). ISLA kali ini mengusung tema “Character Building through Language, Culture, Art, and Their Leirning”.

Dalam acara ISLA-3 ini, FBS mengundang keynote speaker dari dalam dan luar negeri, di antaranya Prof. Dr. Irwan Prayitno, Psi., M. Sc. Gubernur Sumatera Barat, Prof.  David Reeve dari Australia, Prof. Dr. Hermawati Syarif, M. Hum dari UNP,  Prof. Dr. Syahrul R., M. Pd. dari UNP, Prof. Dr. Abdul Halim bin Husain dari Universitas Sultan Idris Malaysia, Prof. Dr. Susanne Borgwald dari Jerman, Prof. Dr. Simon Sabon Ola, M. Hum. dari Universitas Nusa Cendana, Mr. Tomoyo Mitsumoto dari Jepang, dan Prof. Dr. Victor Ganap, M. Ed. Dari Institut Seni Indonesia. Selain keynote speaker ISLA-3 pun diisi oleh penyajian makalah oleh 76 pemakalah pendamping dari berbagai universitas, di antaranya Universitas Prince of Songkla Pattani Thailand ,Universitas Indonesia, Universitas Negeri Yogyakarta, STAIN Kerinci, Universitas Bung Hatta, UIN Suska Riau, Universitas Andalas, STKIP Siliwangi Bandung, STAIN Batusangkar, STAIN Bukittinggi,  Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Jambi, IAIN Imam Bonjol Padang, STKIP PGRI Sumatera Barat, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Jember,Universitas Negeri Medan, Universitas Mulawarman Samarinda, MKDU Institut Pertanian Bogor, dan Universitas Negeri Padang.

Prof. Dr. Jufrizal, M. Hum. selaku ketua panitia menyampaikan penyelenggaraan ISLA-3 sengaja diadakan pada bulan Oktober yang dikaitkan dengan momen peringatan Sumpah Pemuda dan Bulan Bahasa, serta rangkaian acara Dies Natalis UNP yang jatuh pada bulan September.

Acara dibuka oleh Gubernur Sumatera Barat Prof. Dr. Irwan Prayitno, Psi., M.Sc. dalam sambutannya, Irwan Prayitno mendukung penuh acara yang diselenggarakan secara rutin oleh FBS UNP. Menurutnya, tema yang diusung oleh FBS kali ini merupakan problema yang dihadapi oleh pendidikan di Indonesia. “Karakter itu dibentuk melalui lingkungan keluarga, jika lingkungan keluarga tidak baik maka muncullah karakter yang tidak baik pada anak, begitu sebaliknya. Oleh karena itu acara seminar ini memberikan dampak yang baik dengan menghasilkan generasi muda yang berkarakter,” tutur Irwan Prayitno.

Lebih lanjut, Irwan Prayitno berharap acara ISLA dapat terus berlanjut bahkan bila perlu  menjadi contoh bagi universitas lainnya. “Semoga makalah-makalah yang disajikan bukan sekedar menambah literatur di perpustakaan, namun dapat diterapkan demi kemajuan pendidikan di bangsa ini.” Tutup Irwan Prayitno. Tiara Bella & Nofrahadi