Fakultas Bahasa dan Seni

Strive for Excellence

Selamat Datang di Website Resmi Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang

Korem 032 Bekali Mahasiswa Tentang Wawasan Kebangsaan

Mahasiswa baru Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Padang (UNP) Sabtu, (11/10) mengikuti acara pembekalan wawasan kebangsaan yang diberikan oleh Komando Resort Militer (Korem) 032. Pelaksanaan acara tersebut merupakan kerjasama antara pihak Korem 032 dan UNP. Acara pembekalan wawasan kebangsaan tersebut akan diberikan secara bergantian kepada semua fakultas yang dimulai pada Sabtu lalu.

Selain FBS, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) di hari yang sama juga melaksanakan pembekalan wawasan kebangsaan. Perwira Seksi Perlawanan Wilayah (Pasiwansil) Sterkorem 032 Sondang H. Tanjung menjelaskan bahwa pelaksanaan pembekalan pada hari Sabtu itu dilakukan secara serentak untuk dua fakultas. Hal tersebut dilakukan karena pihak korem 032 tidak ingin mengganggu waktu dan pelaksanaan kegiatan mahasiswa. Apalagi FBS pada hari Minggunya akan melangsungkan kegiatan penutupan krida.

Pelaksanaan pembekalan wawasan kebangsaan mahasiswa FBS dan FMIPA dilakukan secara bergantian. Dari pagi sampai siang mahasiswa FBS diberikan kegiatan outdoor dan siang sampai sore kegiatan indoor. Sebaliknya,  dari pagi sampai siang mahasiswa FMIPA diberikan kegiatan indoor dan siang sampai sore kegiatan outdoor. Mahasiswa FBS melaksanakan kegian outdoor di lapangan parkir FMIPA yang didampingi oleh senior dari panitia krida. Siangnya baru mereka semua kembali ke FBS untuk melaksanakan kegian indoor.

Kegiatan outdoor, mahasiswa FBS diberikan permainan seperti permainan bola, jembatan tiga tali, jembatan dua tali dan permainan lainnya. Mahasiswa dibagi ke dalam beberapa kelompok  dan melakukan permainan secara bergantian. Kegiatan tersebut dibimbing langsung oleh instruktur-instruktur dari Korem 032. Levi salah seorang panitia krida yang mendampingi mahasiswa FBS mengatakan bahwa mahasiswa sangat antusias untuk mengikuti permainan tersebut. Apalagi, semua permainan yang diberikan dapat mengasah kekompakan dan rasa kebersamaan di antara mahasiswa.

Siang harinnya hingga sore mahasiswa FBS baru diberikan kegiatan indoor yang di helat di Medan nan Balinduang. Acara tersebut diisi dengan pemberian materi dari pihak Korem 032 yang di bagi ke dalam dua sesi. Sesi pertama, pemberian materi berjudul ”Bhineka Tunggal Ika” yang disampaikan oleh Februari dan yang kedua materi berjudul ”Narkoba dan Seks Bebas” disampaikan oleh Serma Erman.

”Pemberian materi ini sudah kami atur sedemikian rupa agar adik-adik mahasiswa dapat memahami dan mengimplementasikan wawasan kebangsaan yang telah diberikan dalam kehidupannya sehari-hari, sehingga dapat kembali meningkatkan rasa cinta terhadap tanah air yang telah terkikis oleh arus globalisasi”, ujar Sondang H. Tanjung.   

Selain itu, Pesiwanwil tersebut juga menyampaikan harapannya semoga saja kegiatan ini dapat berlanjut di tahun-tahun berikutnya. Ia juga menambahkan bahwa kedepannya secara bertahap pembekalan tidak hanya diberikan kepada mahasiswa baru saja, melainkan kepada seluruh mahasiswa UNP. (Nofrahadi)