Fakultas Bahasa dan Seni

Strive for Excellence

Selamat Datang di Website Resmi Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang

Mahasiswa FBS UNP Tampil di Ajang PEKSIMINAS XII Palangka Raya

Pekan Seni Mahasiswa Indonesia Nasional (PEKSIMINAS) XII kembali digelar di Palangka Raya Provinsi Kalimantan Tengah. Ajang yang diselenggarakan sekali dua tahun ini diikuti oleh seluruh provinsi di Indonesia, termasuk Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Pelaksanaan acara tersebut berlangsung dari tanggal 13-19 September yang lalu. Adapun tangkai seni yang dilombakan pada PEKSIMINAS XII tahun 2014 ini adalah Seni Tari, Vokal Grup, Nyanyi Pop, Keroncong, Seriosa, Dangdut, Baca Puisi, Monolog, Seni Lukis, Desain Poster, Fotografi, Penulisan Cerpen, Penulisan Lakon, Penulisan Puisi, dan Momik Strip.

Kontingen Sumbar mengirimkan 58 peserta dan delapan diantaranya berasal dari Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Padang. Kedelapan mahasiswa tersebut yaitu Prima Antaridha Mukti (Sendratasik) dan Yuni Artha Arani (Sendratasik) mewakili Sumbar untuk tangkai lomba Nyanyi Pop; Tari (Sendratasik) mewakili tangkai lomba Dangdut; Monica Adeliya (DKV) mewakili tangkai lomba Fotografi; Mery Adila (Bahasa Indonesia) mewakili tangkai lomba Keroncong; Putri Oviolanda Irianto (Bahasa Indonesia) mewakili tangkai lomba Baca Puisi; Dewi Syafrina (Bahasa Indonesia) mewakili tangkai lomba Penulisan Cerpen; Ana Sehah (Bahasa Indonesia) mewakili tangkai lomba lomba Penulisan Lakon.

Selain itu, ada lima orang dosen FBS yang ikut mendampingi kedelapan mahasiswa tersebut. Dosen yang dimaksud yaitu Drs. Esy Mayestro, M.Sn. (Pembantu Dekan III), Drs. Andria Catri Tamsin, M.Pd., Yenni Hayati, S.S., M.Hum., Irfan Lubis, M.Pd., dan Nasrul Kamal, M.Sn..

Dari kedelapan mahasiswa itu hanya ada satu orang yang berhasil mendapat peringkat kelima (harapan II) yaitu saudara Prima Antaridha Mukti dari cabang Nyanyi Pop. Mahasiswa Sendratasik yang akrab dipanggil Nanda ini mengatakan bahwa ia sangat bangga bisa mengaharumkan nama Sumbar di tingkat Nasional. ”Saya sangat senang dan puas dengan hasil ini, apalagi ajang PEKSIMNAS ini diikuti oleh seluruh perwakilan dari 34 provinsi dan akhirnya saya berhasil menempatkan Sumbar di peringkat kelima,” ujar Nanda.

Hal serupa juga dikemukan oleh Bapak Irfan Lubis, M.Pd. selaku pembimbing Vokal Nanda, menurutnya prestasi yang diraih Nanda dapat membanggakan masyarakat Sumbar. Selain itu, Irfan juga mengungkapkan bahwa masih banyak mahasiswa lain di FBS yang memiliki bakat untuk dapat mewakili lima belas tangkai seni yang dilombakan. Hanya saja mahasiswa tersebut tidak mengetahui informasi, sehingga tidak mengikuti seleksi. ”Saya berharap untuk  PEKSIMINAS selanjutnya dapat disosialisasikan dengan lebih baik, sehingga kita dapat mengirimkan wakil terbaik untuk mengikuti lomba dan hasilnya lebih maksimal”, tutup pak Irfan. (Nofrahadi)