Fakultas Bahasa dan Seni

Strive for Excellence

Selamat Datang di Website Resmi Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang

Pelatihan Kewirausahaan FBS UNP

Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Padang  (UNP ) menyelenggarakan pelatihan kewirausahaan, Jum’at  (26/9). Acara bertempatkan di ruang Teater Tertutup FBS UNP dan dihadiri 515 calon wisudawan FBS UNP. Acara ini merupakan agenda rutin yang digelar sejak tahun 2012 dengan mengundang pemateri yang merupakan alumni FBS UNP. Acara ini bertujuan untuk memfasilitasi dan memberikan wawasan serta pengetahuan perihal pengelolaan dan pengembangan maupun pengembangan kemampuan kewirausahaan bagi calon wisudawan-wisudawati yang telah melepas masa studinya di FBS UNP.

Dihadiri oleh Dekan FBS serta jajaran staf lainnya, acara dimulai pukul 09.00. Acara dibuka oleh  dekan FBS UNP, Prof. Dr. M. Zaim, M. Hum.  Dalam sambutannya, Dekan FBS UNP menyampaikan FBS UNP selalu berupaya dalam memfasilitasi mahasiswa dalam upaya mencapai kesuksesan, baik di bidang akademik, maupun dibidang lainnya. “Kali ini kami hadirkan alumni kita yang dinilai sukses, baik itu di bidang akademik maupun di bidang politik, yaitu bapak Dr. Adirozal., M. Si.” Tutur M. Zaim.

Dengan pelatihan kewirausahaan ini M. Zaim berharap calon wisudawan tidak bingung dalam menentukan langkah yang akan di tempuh setelah melepas masa studi di perguruan tinggi.  “Setelah terselenggaranya Pelatihan Kewirausahaan ini, diharapkan mampu memunculkan wirausahawan-wirausahawan baru di masa yang akan datang.”

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Dr. Adirozal., M. Si. alumni Seni Rupa 1985 yang kini menjabat sebagai Bupati Kerinci. Dalam materinya, Adirozal menyampaikan dalam memulai usaha sepenuhnya tidak bergantung pada kecerdasan akademik, namun juga dibarengi dengan kecerdasan emosional. Lebih lanjut Adirozal berpesan untuk memanfaatkan apa yang didapatkan semasa kuliah dalam membuka peluang usaha. “Perguruan tinggi hanya sebagai pintu kesuksesan, kuncinya ada di tangan kalian semua,” terang Adirozal.

Kehadiran Adirozal selaku pemateri membawa inspirasi bagi peserta pelatihan kewirausahaan. Salah satunya, Tophany Putri Violet calon wisudawan dari Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah. Diakuinya, banyak motivasi dan inspirasi yang diberikan oleh Adirozal dalam pelatihan ini. “Saya kira, bapak Adirozal bisa menjadi sosok yang patut diteladani,” ungkap Tophany.