Fakultas Bahasa dan Seni

Strive for Excellence

Selamat Datang di Website Resmi Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang

Deakin University Australia Undang Empat Dosen Bahasa Indonesia

Empat orang dosen Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah diundang oleh Deakin University di Melbourne, Australia. Undangan tersebut dalam rangka Indonesian Language Maintenence Program for Victorian School Teachers at Deakin University in Melbourne, Australia. Empat orang dosen yang diundang tersebut yaitu Prof. Dr. Hasanuddin WS, M.Hum., Dra. Emidar, M.Pd., Dra. Ermawati Arief, M.Pd., dan Drs. Amril Amir, M.Pd.. Program yang diikuti keempat dosen tersebut bertujuan untuk membuat buku ajar sebagai pedoman pembelajaran Bahasa Indonesia bagi guru, mahasiswa, dan sekolah-sekolah sekitar Melbourne, Australia. Emidar menjelaskan bahwa pembuatan buku ajar tersebut adalah untuk membantu guru, mahasiswa, dan sekolah-sekolah di sana agar bisa mempelajari Bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Namun, pembuatan buku ajar tersebut masih dalam proses penyelesaian.

Untuk menyelesaikan buku ajar tersebut, tim yang terdiri atas empat orang itu berada di Melbourne selama lebih kurang dua minggu yaitu 8-19 Agustus 2014. Latar belakang undangan dari Deakin University itu adalah keberhasilan Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dalam melaksanakan program BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) di FBS UNP. Selain itu, Emidar salah seorang dosen yang diundang mengatakan bahwa, ”Kami diundang karena prestasi mengajar Bahasa Indonesia kepada mahasiswa asing, khususnya dari Negara Australia di Fakultas Bahasa dan Seni UNP ± selama 20 tahun”. Selama berada di sana Emidar dkk. bekerja sama dengan Bapak Ismet Fanany dan Ibu Rebecca selaku ketua prodi Bahasa di Faculty of Arts and Education Deakin University. Mereka sering melakukan diskusi bersama di perpustakaan Deakin. Hal tersebut bertujuan agar buku ajar yang dibuat sesuai dengan kebutuhan dan dapat mengatasi kendala yang dihadapi mahasiswa  dalam belajar bahasa Indonesia.

Menurut Emidar buku ajar yang sedang ditulis itu merupakan buku ajar untuk mahasiswa asing. Ia berharap semoga pembuatan buku ajar tersebut dapat diselesaikan dengan baik, sehingga dapat segera digunakan sebagai rujukan dalam pembelajaran. Kerjasama dalam rangka pembuatan buku ajar kali ini bukanlah kerjasama yang baru terjalin. Namun, Universitas Negeri Padang dan Dekain Univerity  sudah lama melakukan kerjasama  dalam berbagai bidang lainnya. Misalnya, kerjasama dalam melakukan penelitian, kerjasama melaksanakan berbagai seminar Internasional dan masih banyak kerjasama lainnya baik yang bersifat akademik maupun nonakademik. Akhir sesi wawancara (21/8), Emidar menyampaikan harapannya yaitu semoga kerjasama antara Universitas Negeri Padang dan Dekain University terus dipertahankan dan dilanjutkan di masa yang akan datang. (Nofrahadi)