Fakultas Bahasa dan Seni

Strive for Excellence

Selamat Datang di Website Resmi Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang

FBS UNP Gelar Sosialisasi Kegiatan PKM

Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Padang (UNP) menggelar sosialisasi kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) lima bidang, di antaranya PKMK-P, PKM-T, PKM-KC, PKM-K, PKM-M. Acara dihelat pada Sabtu, (13/9) di teater tertutup. Acara diikuti oleh 156 mahasiswa selingkungan FBS UNP. Kegiatan ini merupakan langkah FBS UNP dalam memberikan pencerahan bagi mahasiswa yang akan mengajukan proposal PKM ke Ditjen Pendidikan Tinggi (Dikti).

Pembantu Dekan II, Dr. Ramalis Hakim, M. Pd. dalam sambutannya menyatakan PKM merupakan ajang untuk berkompetisi antarmahasiswa secara nasional untuk memperebutkan dana yang dikeluarkan dari Dikti. Mahasiswa pun diberikan peluang untuk mengimplementasikan kreativitasnya dan rasa tanggung jawab dalam mengikuti acara PKM. “Mahasiswa harus memanfaatkan peluang berharga untuk mendapatkan sejumlah dana yang dialokasikan oleh Dikti,” tutur Ramalis Hakim. Lebih lanjut Ramalis Hakim berharap dengan diadakannya sosialisasi PKM akan memperbesar peluang mahasiswa FBS UNP untuk lulus PKM 2015. “Manfaatkan kesempatan ini untuk bertanya pada pemateri yang telah dihadirkan, semoga dengan diadakannya acara sosialisasi ini dapat memberikan peluang yang lebih besar bagi kita untuk lulus dalam tingkat nasional.” harap Ramalis Hakim.

Acara dilanjutkan oleh pemberian materi mengenai pengenalan singkat kegiatan PKM, penyusunan anggaran kegiatan PKM, dan memberikan motivasi dalam mengikuti acara PKM. Pemateri yang dihadirkan, di antaranya Dini Faisal, S. Ds., M. Ds., Utami Dewi Pamesti, M. Pd., dan Leni Marlina, S.S., M.A.

Dalam materinya, Dini Faisal menuturkan kebanyakan mahasiswa peserta PKM hanya fokus pada penulisan proposal saja. Padahal masih terdapat beberapa syarat penting yang tidak dipenuhi. “Selain judul dan isi proposal yang spektakuler ada hal yang harus dipenuhi untuk bisa dinyatakan lolos, di antaranya mengenai syarat dan kriteria anggota kelompok. Ini yang sering diabaikan,” jelas Dini Faisal. Selanjutnya Utami Dewi Pamesti berpesan bahwa mahasiswa yang mengajukan proposal seharusnya lebih selektif dalam memilih judul proposal. “Pilihlah judul yang ada disekitar kita, dan itu dibutuhkan,” ungkap Utami Dewi Pamesti.

Selepas pemberian materi, acara dilanjutkan dengan kegiatan bedah proposal dan dan diskusi lepas antarmahasiswa dan pemateri.

Salah satu peserta, Rinto Hidayat menyatakan dengan diadakannya sosialisasi kegiatan PKM, mahasiswa merasa terbantu terutama dalam penyusunan proposal. “Sebelumnya saya sudah pernah mengajukan proposal PKM, namun tidak lulus. Setelah mengikuti acara ini saya mendapat pencerahan mengenai format penulisan, pendanaan, dan kriteria peserta.” Lebih lanjut mahasiswa jurusan Seni Rupa ini berharap acara sosialisasi kegiatan PKM tetap berlanjut. “Kali ini hanya pengenalan singkat saja, selanjutnya saya harap ada pembahasan yang lebih mendalam lagi,” tutup Rinto Hidayat. Tiara