PD III FBS UNP Kumpulkan Mahasiswa Peraih Bidikmisi

Bertempatkan di teater tertutup FBS UNP, Pembantu Dekan III (PD III) Drs. Esy Maestro, M.Sn. mengumpulkan mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi selingkungan FBS UNP, Sabtu (6/9). Dalam acara tersebut, Esy Mestro mengajak mahasiswa peraih beasiswa bidikmisi kembali menjalankan kewajiban sebagaimana yang tertera dalam surat pernyataan. “Peraih beasiswa bidikmisi berhak menerima bantuan biaya pendidikan oleh pemerintah, tapi jangan lupa bahwa peraih beasiswa bidikmisi juga memiliki kewajiban yang harus dijalankan. Ini yang seringkali diabaikan,” ungkap Essy Maestro.

Esy Maestro menjelaskan mahasiswa peraih beasiswa bidikmisi harus memiliki indeks prestasi kumulatif di atas 2.75 dan mengikuti segala kegiatan kemahasiswaan di UNP khususnya di FBS. Esy Maesto juga secara tegas menyatakan untuk tidak segan-segan mencabut beasiswa bidikmisi dari mahasiswa yang terbukti melanggar.

Esy Maestro berharap mahasiswa peraih beasiswa bidikmisi lebih aktif lagi dalam kegiatan kemahasiswaan. “Seharusnya, mahasiswa peraih beasiswa bidikmisi menjadi pionir dari mahasiswa lainnya,” harap Esy Maestro.

Ratmawati, salah satu penerima beasiswa bidikmisi mengaku, peringatan dari PD III FBS UNP bukannya tidak beralasan. Diakuinya banyak mahasiswa yang hanya menerima hak sebagai penerima beasiswa namun tidak sepenuhnya menjalankan tugas yang telah disetujui dalam surat pernyataan bidikmisi. “Saat ada kegiatan kemahasiswaan baik tingkat fakultas maupun universitas, hanya beberapa yang menghadiri acara, selain itu masih terdapat mahasiswa penerima bidikmisi yang IPKnya dibawah standar,” jelas Ratmawati.

Selain memberikan peringatan, Essy Maestro pun mengumumkan akan dicanangkan beberapa program untuk peningkatan kreativitas mahasiswa bidikmisi, di antaranya program pelatihan bahasa Inggris dan pelatihan jurnalistik. Di samping itu, peraih bidikmisi diwajibkan membuat proposal kewirausahaan dan mengikuti berbagai pelatihan-pelatihan kewirausahaan. “Anak bidikmisi harus punya sertifikat-sertifikat yang menggambarkan kelebihan dari mahasiswa lain,” tutup Esy. Tiara