Fakultas Bahasa dan Seni

Strive for Excellence

Selamat Datang di Website Resmi Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang

Pelaksanaan PKKMB 2014 Hari Kedua FBS UNP

Pelaksanaan PKKMB 2014 di FBS UNP dilanjutkan pada hari kedua yang dimulai pukul 07.00 WIB. Jika peserta PKKMB pada hari pertama adalah gabungan dari semua fakultas, maka peserta PKKMB pada hari kedua ini merupakan mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni saja. Sebelum acara resmi dimulai semua peserta sudah dibariskan menurut jurusan mereka masing-masing. Tujuan pelaksanaan PKKMB pada hari kedua ini adalah pengenalan terhadap struktur organisasi yang mencakup tingkat fakultas, jurusan dan organisasi mahasiswa selingkungan FBS UNP. Selain itu, di hari kedua ini juga akan diperkenalkan semua dosen beserta semua staf yang bekerja di FBS.

Rangkaian acara dimulai dengan perkenalan dengan pimpinan fakultas dan jurusan/prodi yang dipimpin langsung oleh dekan yaitu Prof. Dr. M. Zaim, M.Hum. Beliau mengawali pembicaraan dengan memperkenalkan sejarah UNP dan sejarah FBS. Beliau mengatakan, “FBS telah mengalami tiga kali pergantian nama yaitu mulai dari bernama FKSS, FPBS, dan FBSS, hingga akhirnya menjadi FBS”. Selanjutnya, beliau memperkenalkan pejabat fakultas mulai dari PD I, II, dan III, beserta semua ketua kasubag dan staf yang ada di FBS UNP. Pada acara tersebut dihadiri langsung oleh PD I, II, dan III, yaitu Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum., Dr. Ramalis Hakim, M.Pd., dan Esy Mayestro, M.Sn., sekretaris jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Zulfadli, S.S., M.A. beserta beberapa staf pengajar dan staf kasubag lainnya.

Pada pukul 10.00 WIB dilanjutkan dengan perkenalan dosen oleh setiap jurusan. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah bertempat di Medan Nan Balindung. Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris bertempat di Teater Tertutup lantai 1 gedung FBS. Jurusan Seni Rupa bertempat di Merepai Singgalang lantai 5 gedung FBS. Kemudian, Jurusan Seni Drama Tari dan Musik bertempat di Galeri lantai 1 gedung FBS. Selain memperkenalkan dosen, masing-masing ketua prodi di semua jurusan juga memberitahukan jumlah mata kuliah yang akan diambil selama menjalani perkuliahan di masing-masing prodi serta membagikan panduan yang berisi mata kuliah yang wajib diambil hingga mencapai jumlah SKS yang telah ditetapkan untuk bisa diwisuda. Ketua Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yaitu Prof. Dr. Syahrul R, M. Pd. dalam penjelasannya mengingatkan bahwa semua mahasiswa dalam mengambil mata kuliah harus berpedoman kepada panduan yang telah diberikan dan jangan sampai ada yang tertinggal atau keluar dari panduan tersebut karena akan berpengaruh kepada kelancaran perkuliahan.

Setelah istirahat shalat acara dilanjutkan kembali dengan persiapan penampilan minat, bakat dan kemampuan mahasiswa setiap jurusan yang dibina langsung oleh HIMA masing-masing. Hal ini betujuan untuk melihat minat, bakat dan kemampuan yang dimiliki mahasiswa baru baik kemampuan yang terkait dengan jurusannya ataupun kemampuan lain di luar jurusannya. Pukul 16.00 WIB setiap jurusan menampilkan minat bakat dan kemampuannya termasuk penampilan yel-yel untuk masing-masing jurusan. Menurut Ira Hariyani salah seorang panitia PKKMB, “Mahasisiwa baru FBS banyak yang memiliki bakat luar biasa terutama bakat di jurusannya masing-masing, ada yang berbakat menulis, membaca puisi, tari, melukis, dan bermain peran. Hal tersebut memperlihatkan bahwa mahasiswa yang masuk ke FBS memang mahasiswa yang berbakat di bidang bahasa dan seni.” Akhirnya, acara PKKMB 2014 ditutup pada pukul 17.15 WIB oleh Pembantu Dekan III yaitu Drs. Esy Mayestro, M.Sn. (Nofrahadi)