Fakultas Bahasa dan Seni

Strive for Excellence

Selamat Datang di Website Resmi Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang

Pelaksanaan PKKMB 2014 Hari Pertama FBS UNP

Pembukaan PKKMB oleh Dekan Fakultas Bahasa dan Seni UNP yaitu Prof. Dr. M. Zaim, M.Hum. dilaksanakan di Medan Nan Balindung mulai pukul 07.00 WIB berjalan lancar. Selanjutnya, pukul 08.00 WIB semua peserta PKKMB 2014 dibubarkan untuk menuju subgugusnya masing-masing. Gugus FBS UNP terbagi atas empat subgugus yaitu gugus I bertempat di Teater Tertutup (lantai 1), gugus II di Merapi Singgalang (lantai 5), gugus III bertempat di Medan Nan Balindung, dan gugus IV di Galeri Seni Rupa (lantai 1). Peserta PKKMB tersebut akan mengikuti penyajian  materi yang akan diberikan oleh pemateri yang telah ditetapkan oleh pihak fakultas. Pada hari pertama ini ada tiga materi yang akan disajikan.

Materi pertama yaitu, ”Pendidikan Karakter dan Tata Kehidupan Berbangsa (Demokrasi, Hukum dan HAM)” mulai pukul 08.00-10.00 WIB. Pemateri gugus I yaitu Prof. Dr. Syahrul R, M.Pd. Beliau sekarang menjabat sebagai ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah. Pemberian materi dimulai dengan menyanyikan lagu Maju Tak Gentar yang dipimpin oleh salah seorang peserta dan diiringi langsung oleh Prof. Dr. Syahrul R, M.Pd. Menurut Azzura Arzellia salah seorang peserta PKKMB 2014, “Saya sangat bersemangat mengikuti penyajian materi PKKMB ini, karena materi yang disajikan sangat bermanfaat bagi saya, apalagi saya sedang berada pada masa transisi yaitu peralihan dari siswa menjadi mahasiswa”. Selanjutnya, penyajian materi disampaikan dengan metode diskusi, sehingga peserta PKKMB terlihat memperhatikannya dengan baik. Materi yang sama juga disampaikan pada subgugus lainnya dengan rincian pemateri, gugus II disampaikan oleh Dra. Fuji Astuti, pemateri gugus III yaitu Dr. Yasnur Asri, M.Pd., dan pemateri gugus IV yaitu Dra. Yenni Rozimela, M.Ed., Ph.D.

Setelah pemberian materi pertama, semua peserta diistirahatkan 15 menit sebelum dilanjutkan kepada materi berikutnya. Pukul 10.15 WIB materi kedua dimulai secara serentak di semua subgugus di FBS UNP. Topik untuk materi kedua ini yaitu, ”Pendidikan Tinggi dan Strategi di Perguruan Tinggi”.Untuk pemeteri subgugus I akan disampaikan oleh Dr. Ngusman Abdul Manaf, M.Hum., subgugus II disampaikan oleh Dra. An Fauzia Rozani S, M.A.,  subgugus III disampaikan oleh Prof. Atmazaki, M.Pd., dan subgugus IV disampaikan oleh Afifah Asrianti, S.S., M.A. Materi kedua ini akan akan berakhir pukul 12.15 WIB. Kemudian, semua peserta akan ISOMA sampai pukul 14.00 WIB.

Selanjutnya, dari pukul 14.00-16.00 WIB akan disajikan materi ketiga dengan topik, ”Pelayanan Kampus, Komunitas dan Aktivitas Kemahasiswaan”. Pemateri untuk subgugus I yaitu Ir. Drs. Heldi, M.Si., subgugus II yaitu Drs. Andria Catri Tamsin, M.Pd., subgugus III yaitu Dr. Zul Amri, M.Pd., dan untuk subgugus IV yaitu Drs. Jagar Lumban Toruan, M.Hum. Setelah penyajian materi ketiga semua peserta PKKMB 2014 dipulangkan ke rumahnya masing-masing dan untuk esoknya akan mengikuti PKKMB hari kedua.

Dalam sambutannya Dekan FBS UNP, Prof. Dr. M. Zaim, M.Hum. mengatakan, ”Penyampaian materi hari pertama ini bertujuan untuk membentuk karekter mahasiswa baru sebagai bekal untuk mengikuti pendidikan di perguruan tinggi”. Selanjuntya, Novrizal selaku ketua BEM FBS  juga mengatakan bahwa ”Selain membentuk karekter, PKKMB  hari pertama ini juga bertujuan memperkenalkan kehidupan kampus (akademik) agar mahasiswa baru dapat menyesuaikan diri dengan baik”. (Nofrahadi)