Fakultas Bahasa dan Seni

Strive for Excellence

Selamat Datang di Website Resmi Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang

Pembukaan PKKMB FBS UNP: Mahasiswa-Baru Harus Berkarakter

Pembukaan PKKMB FBS UNP

Mahasiswa-Baru Harus Berkarakter

 

Pembukaan acara Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) FBS-UNP berlangsung di Medan nan Balinduang FBS-UNP, Kamis (21/8). Acara yang bertajuk “Kita Tingkatkan Pengamalan Nilai-nilai Anti Plagiat, Integritas, dan Karakter Bangsa” diikuti oleh 798 mahasiswa baru dari berbagai fakultas selingkungan UNP, diantaranya FBS, FMIPA, FT, FIK, FIP, FIS, dan FE.

Acara dibuka oleh Dekan FBS-UNP, Prof. Dr. M. Zaim, M.Hum. Dalam sambutannya, M. Zaim menjelaskan acara PKKMB yang dilakukan oleh UNP merupakan langkah awal untuk memperkenalkan bagaimana  sistem pendidikan di UNP. Selanjutnya M. Zaim menjelaskan, terdapat tiga poin penting yang harus ditanamkan oleh mahasiswa baru dalam menjalankan studi di UNP. “Memiliki karakter jujur merupakan kunci untuk dapat meningkatkan anti plagiat, integritas dan pendidikan berkarakter. Oleh karena itu kami datangkan pemateri yang akan memberikan dasar untuk mnjalankan pendidikan perguruan tinggi.”

Senada dengan M. Zaim, Ketua BEM FBS, Nofrizal menegaskan acara PKKMB bukanlah suatu ajang perpeloncoan, melainkan suatu ajang untuk menjalin hubungan baik antarmahasiswa, baik itu dengan fakultas maupun dalam tingkat universitas. “Kita semua dikumpulkan bersosialisasi demi UNP yang lebih baik, hidup mahasiswa” tegas Nofrizal.

Acara dilanjutkan dengan pembekalan oleh pemateri di masing-masing gugus, diantaranya gugus 1 oleh Prof. Dr. Syahrul R, M.Pd., Dr. Ngusman, M.Hum., Ir. Drs. Heldi, M.Si. di teater tertutup FBS-UNP. Gugus II oleh Dra. Fuji Astuti, M.Hum., Dra. An Fauzia Rozani S, M.A., Drs. Andria Catri Tamsin, M.Pd. di ruang Merapi Singgalang FBS-UNP. Gugus III ,Dr. Yasnur Asri, M.Pd., Prof. Dr. Atmazaki, M.Pd., Dr. Zul Amri, M.Pd., di Medan nan Balinduang FBS-UNP. Terakhir, gugus IV oleh Dra. Yenni Rozimela, M.Ed., Ph.D., Afifah Asriati, S.S., M.A., dan Drs. Jagar Lumban Toruan, M.Hum. di galeri FBS UNP. Selain penyajian materi, diadakan pula sesi tanya jawab seputar pendidikan.

Rani Oktaviani salah satu peserta menyatakan antusias dalam mengikuti acara. Menurutnya, selain mendapatkan ilmu adanya PKKMB mahasiswa dari Fakultas Ilmu-ilmu Sosial ini mendapatkan banyak teman baru dari fakultas lain. Senada dengan Rani, Mus Indrawadi mahasiswa baru jurusan Seni Rupa menyatakan dengan mengikuti acara PKKMB mahasiswa diajarkan untuk berpikir kritis. Mahasiswa tidak hanya sekedar menerima apa yang disajikan pemateri melainkan dituntut untuk menelaahnya kembali. “Materi yang diajarkan saya rasa sangat berguna bagi saya dalam menghadapi masa studi saya,” tutup Mus Indrawadi. Tiara