Fakultas Bahasa dan Seni

Strive for Excellence

Selamat Datang di Website Resmi Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang

Pelatihan PTK Guru Bahasa Inggris SMP Kota Padang

Dalam rangka melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat, salah satu unsur Tri Darma Perguruan Tinggi, 4 orang staf pengajar Jurusan Bahasa Inggris FBS UNP memberikan pelatihan Penelitian Tindakan Kelas kepada  9 orang guru bahasa Inggris SMP Negeri 2 dan SMP Negeri 8 Padang. Pelatihan ini dilaksanakan dalam kegiatan pengabdian yang bertajuk “Ipteks bagi Masyarakat (IbM) Guru Bahasa Inggris SMPN 2 dan SMPN 8 Padang” dan dilaksanakan di Balai Bahasa UNP selama 2 hari, yaitu tanggal 21 dan 22 Juli 2014.

Acara dibuka oleh Dekan FBS UNP, Prof. Dr. M. Zaim, M.Hum. Dalam sambutannya, Dekan FBS UNP menyatakan bahwa “Dari 24 Kompetensi yang harus dimiliki guru, 4 kompetensi menyatakan perlunya guru melakukan tindakan reflektif untuk melaksanakan dan memperbaiki proses pembelajaran. Perlunya tindakan reflektif ini dinyatakan pada kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Oleh karena itu, guru harus mampu melaksanakan penelitian tindakan kelas, salah satu bentuk penelitian reflektif kolaboratif untuk memperbaiki proses pembelajaran.

Acara ini diisi dengan penyajian materi dan diskusi tentang pentingnya “Penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan mutu pembelajaran” dan “Menemukan masalah untuk penelitian tindakan kelas” yang disampaikan oleh Dra. Yenni Rozimela, M.Ed., Ph.D. Kemudian, Dr. Refnaldi, M.Litt menyajikan materi tentang bagaimana “Menyusun rencana tindakan, melaksanakan tindakan, observasi dalam rangka pengumpulan data, dan refleksi dalam penelitian tindakan kelas”. Sementara Prof. Dr. M. Zaim menyampaikan materi tentang “Analisis dan interpretasi data dalam penelitian tindakan kelas” dan “Menyusun Laporan hasil penelitian tindakan kelas”. Kegiatan ini ditutup dengan materi “Menyusun Proposal Penelitian Tindakan Kelas” yang disampaikan oleh pemateri Dr. Zul Amri, M.Ed dan workshop penusunan proposal yang dibimbing oleh keempat nara sumber.

Setelah pelatihan ini, guru akan dibimbing oleh keempat nara sumber tersebut untuk melaksanakan penelitian tindakan kelas sesuai dengan proposal yang telah dirancang oleh guru di kelasnya masing-masing. Proses pembimbingan ini akan dilanjutkan dengan penyusunan laporan dan penulisan artikel yang pelatihannya akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2014. (MZ)