Fakultas Bahasa dan Seni

Strive for Excellence

Selamat Datang di Website Resmi Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang

Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Menunggu Hasil Akreditasi

Prodi Pendidikan Bahasa Jepang

Menunggu Hasil Akreditasi

 

Program studi Pendidikan Bahasa Jepang FBS-UNP tengah menunggu hasil keputusan penilaian akreditasi. Sebelumnya, prodi yang baru berdiri tahun 2012 ini hanya memiliki surat izin prodi dengan status  C.

Pada 20 Juni 2014 lalu, prodi Pendidikan Bahasa Jepang ini telah dikunjungi oleh tim asesor untuk melakukan pengecekan dan penyesuaian atas borang yang telah dikirimkan. Dr. Zul Amri, M.Ed. selaku ketua prodi menjelaskan, selama kunjungan respon dari tim asesor terlihat positif. “Berbagai persiapan telah kita persiapkan dengan maksimal. Kita harus optimis terhadap hasil yang akan keluar. Target kita untuk akreditasi ini adalah A atau B,” jelas Zul Amri.

Meski demikian, Zul Amri mengaku terdapat beberapa kendala yang dialami terkait penilaian. “Kita belum memiliki alumni, tugas akhir, dan kekurangan staf pengajar, padahal itu merupakan poin penting dalam penilaian.”

Dijelaskan pada UU No 12 tahun 2012 yang menetapkan setiap perguruan tinggi harus memiliki akreditasi, baik pada level institusi maupun pada program studinya. Pelaksanaan akreditasi ini merupakan suatu upaya penjaminan mutu pendidikan. Akreditasi adalah proses evaluasi dan penilaian secara komperehensi atas komitmen perguruan tinggi terhadap mutu penyelenggaraan tridarma perguruan tinggi, “Baik Negeri ataupun swasta, bila prodi tidak terakreditasi maka terancam akan ditutup,” jelas Zul Amri.

Ada beberapa poin penting yang menjadi penilaian, diantaranya visi—misi, tata pamong, mahasiswa, sumber daya, kurikulum, pembiayaan dan sarana, penelitian, pengabdian, dan kerjasama. “Tim asesor juga melakukan penilaian terhadap mahasiswa dan dosen,” tambah Zul Amri.

Tahap akhir dari kegiatan ini adalah melakukan pembobotan nilai dan membuat keputusan penilaian. “Besar harapan kami untuk mendapatkan akreditasi dengan nilai yang baik, agar nantinya alumni dari prodi Pendidikan Bahasa Jepang mudah dalam mencari pekerjaan” harap Zul Amri. Tiara